Widget HTML Atas

Contoh Soal UN: Membaca Sastra

BNSP (Badan Nasional Standar Pendidikan) telah menerbitkan Kisi-kisi Ujian Nasional untuk SMP/MTs Mapel B.Indonesia. Berdasarkan lingkup materi, soal Ujian Nasional meliputi:
-Membaca nonsastra
-Membaca sastra
-Menulis terbatas
-Menyunting kata, kalimat, paragraf, dan
-Menyunting ejaan dan tanda baca.

Berikut Contoh Soal UN dengan lingkup materi Membaca Sastra. Selamat belajar, semoga sukses.

1. Bacalah kedua kutipan berita berikut!

Teks I
Laki-laki dan perempuan tua dan muda, menggemari beragam aktivitas di pantai favorit Bali, Pantai Legian. Merek sandal ternama asal Indonesia pun ikut berkontribusi memberikan kegembiraan dalam acara Lively Legian Beach Festival.
Teks II
Kesehatan adalah kekayaan utama. Tanpa kesehatan, kita akan sulit menikmati hidup. Kesehatan mudah didapat apabila setiap hari kita berniat menjaganya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan cerita tersebut adalah....

2. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan I
Pikiranku mengembara, menjelajah waktu. Beberapa bulan yang lalu saat Amira pindah ke desaku, Umur Amira sepadan denganku. Aku tidak tahu mcngapa ia pindah ke desa dan tinggal bersama neneknya padahal menurutku tinggal di kota, kan, lebih enak.
Aku tertunduk sendiri. Memeluk lutut dan mencoba mengingat kejadian yang terjadi begitu cepat. Seminggu yang lalu Amira masuk ICU dan ini adalah tujuh hari kepergiannya dari sisiku untuk selamanya.

Kutipan II
Sesampainya di rumah, Ibu menyuruh aku untuk segera membersihkan diri.
Pagi harinya, ketika aku bangun ibu sudah berangkat ke pasar. Terpaksa harus menunggu sampai siang, baru permintaan itu bisa aku sampaikan kepada ibu. Aku tidak tahu apa yang ada dalam pikiran ibu. Yang aku tahu, ibu terlihat sangat berat melepasku untuk kuliah di Jogja, Sore itu, aku menunggu jawaban ibu.
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan ....

3. Bacalah kutipan cerita berikut!

Kerbau menantang katak, jika nanti malam hujan, dirinya akan memenuhi segala permintaan katak, Keesokkan harinya, katak menagih janji kerbau lantaran malam harinya turun hujan. Ternyata kerbau hanya bermulut besar. Katak merasa sangat kecewa, dia sudah sangat berharap akan bisa menikmati serangga kesukaannya.

Makna ungkapan bermulut besar pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. suka berbohong
B. tidak tahu malu
C. tidak sungguh-sungguh
D. suka menyombongkan diri

4. Bacalah kutipan cerita berikut!

Untuk mengisi libur sekolah Andi dan teman-temannya berencana pergi kemah. Mendadak orang tua Andi sakit. Firman dan Adi gelisah. Mereka pun menjemput Andi di rumahnya.
"Lho, kamu kok belum siap-siap?" tanya Firman.
"Maaf, ibuku tadi malam mendadak sakit. Aku tidak jadi ikut."
"Kenapa, kan masih ada adikmu. Kamu juga yang punya usul kemah" ujar Adi.
"lya, tetapi adikku kan masih kecil, tidak bisa menjaga dan merawat ibu"' kata Andi.
"Ah...,kamu bukan teman setia!" kata Firman dengan sedikit nada tinggi. Andi hanya bisa menghela napas.

Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ....
A. keinginan Firman untuk berkemah
B. Andi merupakan teman yang tidak setia
C, walaupun ibunya sakit, Andi pergi berkemah
D. Andi membataikan pergi berkemah karena ibunya sakit

5. Bacalah kutipan cerita berikut!

"Bu, Syifa boleh membeli baju?" tanya Syifa.
"Boleh," jawab ibu. Atas persetujuan ibu, Syifa berjalan membeli baju. Di tikungan jalan dia bertemu dengan pengemis. Syifa memutuskan untuk tidak jadi membeli baju. '''Syifa, mana baju yang kamu beli?" tanya ibu kepada Syifa. "Tidak jadi, Bu... karena uangnya aku kasih ke pengemis itu." jawab Syifa.
Tidak lama kemudian terdengar suara dari luar rumah memanggil namanya. Syifa bergegas ke luar rumah untuk melihat siapa yang datang. Ternyata teman Syifa, Lala namanya.

Tokoh utama pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Ibu
B. Syifa
C. Lala
D. Pengemis

6. Bacalah kutipan cerita berikut!
Pada suatu pagi, Kakek dan Nenek Chen bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa bekal untuk makan siang mereka di hutan. Ketika sudah tiba di hutan, mereka melihat anak burung merpati putih menggelepar di tanah. Rupanya anak burung itu terjatuh dari pohon. , "Aduh, kasihan sekali anak burung ini," kata Nenek sambil mengangkat merpati itu. Ia meletakkan anak burung itu di bakul makanan dengan hati-hati. "Kita rawat saia ya, Kek," uiar Nenek. Kakek Chen mengangguk setuju.

Latar tempat pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. rumah dan dapur
B. rumah dan hutan
C. runtah dan pasar
D. rumah dan warung

7. Bacalah kutipan cerita berikut!
Rio membetulkan letak keranjang plastik di boncengan sepedanya. Tali-tali karet pengikat keranjang itu mulai kendur. Mungkin karena seringnya tali karet itu ditarik untuk mengikat keranjang kue dagangannya. Ya, keberangkatan Rio ke sekolah tak hanya memperjuangkan masa depannya. Dalam setiap keping uang koin hasil penjualan roti itu terdapat cita-cita adiknya dan juga beras jatah makan sekeluarganya. Waktu istirahat jam sekolah, tak pernah Rio rasakan dalam gurauan dan serunya berkejar-kejaran dengan teman. Ia harus rela mengejar mimpi melalui roti-roti dagangannya.

Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Rio pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A, pelukisan fisik tokoh
B. penggambaran lingkungan tokoh
C. melalui tokoh lain
D. penggambaran tingkah laku tokoh

8. Bacalah kutipan cerita berikut

Kedasih tidak menjawab. Ia membaringkan tubuhnya yang terasa seperti kayu. Meski begitu, Kedasih bercerita tentang burung hantu dan belalang yang sombong dan tamak.
Kata Kedasih, belalang suka sekali mengganggu tidur siang burung hantu. Ia sering menyanyi dekat burung hantu. Suaranya berisik. Pada suatu hari belalang diiming-iming anggur. Kata burung hantu, anggur itu didapat dari Dewa Apollo. Anggur itu yang membuat suara Dewa Apollo begitu merdu. Belalang pun percaya..Ia meminta buah anggur yang dimiliki burung hantu agar suaranya semerdu Dewa Apollo. Saat belalang mendekat ke-burung hantu, haaapp! Nyaem ...nyaeeemm,"' cerita Kedasih menirukan burung hantu menerkam belalang.

Makna simbol kata burung hantu pada kutipan tersebut adalah ...
A. ketidakberdayaan
B. kesombongan
C. kecerdikan
D. kesabaran

9. Bacalah kutipan cerita berikut!

Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagai tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.

Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Jangan melakukan pencitraan diri yang membuat orang lain rugi.
B. Jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut.
C. Lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan,
D. Jagalah kesuburan tanah untuk para petani di pedesaan.

10. Bacalah kutipan cerita berikut!

Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap, Teman-temannya sering meledek dan menggodanya, Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannva, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnva.

Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah .,..
A. dalam pergaulah harus memusnahkan sikap berkuasa
B. dengan teman harus saling menggoda dan meledek
C. berusahalah menjadi lebih baik agar percaya diri
D. kurang percaya diri hal biasa dalam pergaulan

11. Bacalah kutipan cerita berikut!

Ketika Ipiin sedang mengacu sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam, Ipiin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom di mana-mana. Ipiin khawatir benda itu adalah bungkusan bom, Akhirnya, ia pun mencoba membuka bungkusan tersebut.

Penyebab konflik pada kutipan cerita tersebut adalah .. ..
A. Ipiin menjadi gemetaran karena menemukan sebuah benda
B. Ipiin ragu dan takut karena sering terjadi peledakan bom.
C. Ipiin menemukan sebuah bungkusan plastik berwarna hitam
D. Ipiin mencoba membuka bungkusan plastik yang ditemukannya

12. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Teks I
"Serang ...!", teriak Paman Belalang. Dengan cepat Bapak Laba-laba menjatuhkan jaring besarnya tepat di atas kodok itu. Kedua kodok itu terperangkap oleh jaring laba-laba. Mereka pun tidak dapat bergerak. Para pejantan semut merah
dan semut hitam mengelilingi serta menggigiti keduanya. Kodok-kodok itu berteriak kesakitan. Akhirnya, mereka menyerah dan meminta maaf
kepada para serangga. Kakek Cacing memerintahkan Bapak Laba-laba untuk
membuka jaring-jaringnya. Lalu, ia menyuruh kedua kodok itu pergi dari desa serangga.

Teks II
Dikisahkan hiduplah sekelompok binatang di sebuah kampung.
Binatang-binatang itu bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing.
Di kampung itu mereka saling bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
Pada suatu hari ada seekor jerapah yang tengah mencari pekerjaan. Sang
Jerapah itu bernama Jiji. Dia ingin segera mendapat pekerjaan. Pekerjaan
apa saja yang penting tidak merugikan orang lain.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan ....
a. Teks 1: perkenalan tokoh, Teks 2: lokasi cerita
b. Teks 1: garis besar cerita, Teks 2: aksi tokoh
c. Teks 1: aksi tokoh, Teks 2: pengenalan tokoh
d. Teks 1: perkenalan tokoh, Teks 2: lokasi cerita

13. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan I
"Bagaimana?" ia penasaran. "Soal pemilihan ketua PKK?" diterkanya apa yang
bergerak di balik jidatku.
"Bukan," aku menidakkan. Ketua PKK terpilih, Ibu Sasongko, kelihatannya
tak percaya dengan perkataanku. Wajahnya merah padam seperti menahan amarah.
"Lantas, apa yang kamu tahu?" tanyanya sedikit sinis.
"Maaf, aku nggak tahu apa-apa," jawabku.
"Pandai benar engkau bersilat lidah," balasnya.

Kutipan II
Suatu pagi terdengar ribut-ribut di luar kamar. Rupanya para penghuni rumah
kos dikejutkan berita sakitnya Bu Marta. Walau terkadang sikap dan kelakuan
Bu Marta yang suka buat kesal dan marah penghuni kos lainnya, tetapi penghuni kos tidak menaruh dendam padanya.
"Siangnya para penghuni kos berbondong-bondong menjenguk Bu Marta.
Sungguh di luar perkiraan Bu Marta, ternyata penghuni kos sangat peduli dengan
dirinya."

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerita tersebut adalah ....
a. Kutipan I: menggunakan kalimat langsung, Kutipan II: menggunakan kalimat tidak langsung
b. Kutipan I: banyak menggunakan majas, Kutipan II: tidak menggunakan majas
c. Kutipan I: menggunakan ungkapan, Kutipan II: tidak menggunakan ungkapan
d. Kutipan I: menggunakan bahasa daerah, Kutipan II: tidak menggunaKan bahasa daerah

14. Bacalah kutipan cerita berikut!
Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari, dan bergembira. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia
malu karena telah kehilangan sebuah kakinya.

Kebiasaan tokoh belalang yang tergambar pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. setiap malam berpesta
B. membagi makanan
C. hidup menyendiri
D. aneh dan pemalu

15. Bacalah kutipan cerita berikut!
Sore itu aku duduk seorang diri di tepi pantai, memandang dunia yang terdiri atas waktu. Memandang bagaimana ruang dan waktu bersekutu, menjelmakan alam itu untuk mataku. Di tepi pantai, sementara sapuan warna keemasan dan lautan adalah cairan logam meski
buih debur ombak yang menghempas itu tetap saja putih seperti kapas dan langit.

Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ....
A. menggunakan pola pengembangan alur mundur
B. gaya bahasa yang indah dalam menggambarkan pantai
C, sudut pandang yang digunakan orang ketiga
D. menceritakan pengalaman tokoh di daerah pantai

Bacalah kutipan berikut kemudian kerjakan soal nomor 16 s.d. 18!
(1) Sekembalinya ayahku dari undangan guru mengajiku, aku dibawa pulang. (2) Di rumah, lima jari mendarat di pipiku. (3) Ayahku berteriak, kobaran api membakar langit kepalanya, "Masih mau mencuri lagi?"
(4) "Tidak!" jawabku penuh ketakutan. Air mataku pun berguguran.
(5) "Kalau ternyata mencuri lagi, bagaimana?"
(5) Aku diam. Aku menyerahkan jawabannya kepada ayah.

16. Bukti watak tokoh ayah kasar pada cuplikan cerpen tersebut ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. {2}
c. (4)
D. (5)

17. Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. undangan guru mengaji
B. ayah marah-marah
C. tokoh aku mencuri
D. tokoh aku diam

18. Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Janganlah mencuri karena tidak baik!
B. Sebaiknya diam jika dinasihati orang tua!
C. Jika dimarahi ayah haruslah menangis!
D. Jangan membuat kesal orang tua!

Bacalah kutipan cerita berikut, kemudian kerjakan soal nomor 19 s.d. 21!
Suatu hari di hutan lindung di Amerika Serikat, ada dua binatang yang selalu berteman bernama Bee, lebah dan Bear, beruang. Mereka selalu bekerja sama untuk mencari makan. Bear menunjukkan letak bunga yang terdapat nektarnya dan Bee akan membuat madu untuk Bear. Sebab itu mereku berteman. Bee mempunyai cadangan madu yang banyak untuk Bear karena hari ini Bear berulang tahun. Karena hadiah ulang tahunnya berupa kejutan, Bee berpura-pura menusuk hidung Bear yang sedang tidur. Bear langsung marah dan menjatuhkan sarang burung sampai telur pecah. Ia juga menginjak-injak kebun wortel punya rabbit, kelinci, bahkan mencakar-cakar pohon dengan kuku-kukunya yang tajam.

19. Tokoh utama pada kutipan cerita tersebut adalah ..
A. Bee
B. Bear
c. Bee dan Bear
D. Bear dan Kelinci

20. Penyebab konflik pada teks tersebut adalah....
A. Bear berulang tahun
B. Bee menjahili Bear
C. Bee berulang tahun
D. Bear menjahili Bee

21. Amanat yang terkandung pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Sebaiknya memberi hadiah yang baik!
B. Jangan menyembunyikan kebencian!
C. Jangan suka usil kepada orang lain!
D. Jangan suka menerima bantuan!

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!
(1) Novel best seller yang berjudul "Negeri Lima Menara" merupakan novel pertama dari trilogi karya Ahmad Fuadi. Novel ini bercerita tentang lima orang sahabat di pesantren Pondok Madani. Mereka selalu menatap awan di bawah menara masjid. Mereka membayangkan awan itu adalah negara impian mereka masing-masing.
(2) Novel ini dapat mengubah pandangan pembaca tentang kehidupan pesantren. Melalui novel ini, penulis dapat menyampaikan gambaran nyata mengenai kehidupan pesantren modern. Selain mendapat ilmu-ilmu agama, para santri belajar tentang seni, bahasa Arab, dan bahasa Inggris. Novel ini juga dapat memberikan motivasi kepada para pembaca melalui kalimat inspiratif yang ada di dalamnya.
(3) Sangat disayangkan, konflik yang dijalin novel ini terkesan datar dan tidak menantang. Klimaks cerita nyaris tidak bisa ditemukan.
(4) Remaja Indonesia layak membaca novel ini karena novel ini menaruh pengharapan besar akan sebuah perjalanan penerus bangsa. Diharapkan akan banvak remaja Indonesia sadar jika mereka haruslah bermimpi setinggi mungkin untuk dirinya sendiri dan bangsa besar ini.

22. Pernyataan yang mengungkapkan keunggulan buku pada teks tersebur ditandai dengan nomor .. ..
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)

23. Rumusan simpulan yang terdapat pada teks tersebut adalah ....
A. Kehidupan pesantren modern tampak dalam novel ini meskipun jalinan konflik tidak menantang.
B. Novel ini bercerita tentang lima orang sahabat yang selalu menatap awan di bawah menara masjid.
C. Kalimat inspiratif dalam novel dapat menjadi motivasi bagi para pembaca untuk memiliki mimpi.
D. Novel ini layak dibaca oleh remaja Indonesia agar mereka memiliki mimpi untuk dirinya dan bangsa ini.

24. Bacalah teks berikut!
Rajawali itu duduk termenung di sarangnya. Ia berpikir terus menerus. Ia tidak mau mati karena kehausan. Ia melihat ke tanah banyak batu kecil. Ia mendapatkan ide. Ia mengambil batu itu dan memasukkannya ke dalam buyung. Air itu akhirnya naik lebih tinggi. Air telah naik sampai ke permukaan Rajawali yang pintar itu memasukkan paruhnya dan ia mendapatkan air.

Teks tersebut merupakan alur bagian ....
A. pengenalan
B. perumitan
C. peleraian
D. penyelesaian

Bacalah kedua teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 25 dan 26!
Teks 1
Adikku, Ismail menumpahkan tinta sehingga hampir semua bukuku terkena. Bukan main marahku. Seolah-olah hendak kubalikan saja meja karena amarah. "Ibnu, ambillah air sembahyang...," kata Ayah.
Waktu itu aku menurut. Dengan hati yang mangkel aku menimba air dan berwudhu. Air yang dingin itu sejuk menyirami tanganku, mukaku, telingaku. Amarahku seolah-olah tersapu bersih dan dalam ketenangan aku merasa terlanjur telah marah-marah.
Aku iba hati melihat Ismail sendiri membenahi meja yang porak-poranda. Pasti tak sengaja Ismail berbuat sembrono, menumpahkan tinta. Ketika aku sampai di ruangan belajar lagi, ayah berkata: "Buku-bukumu yang terkena tinta, kuganti ...." Ayah memberiku buku-buku tulis dari persediaannya. "Nah, tak perlu marah bukan? Marah tidak menyelesaikan persoalanmu. Ismail berbuat itu tidak sengaja. Ia sudah minta maaf tentunya.

Teks 2
Pada suatu pagi, Kakek.dan Nenek Chen bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa bekal untuk makan siang mereka di hutan. Ketika sudah tiba di hutan, mereka melihat anak burung merpati putih menggelepar di tanah. Rupanya anak burung terjatuh dari pohon. "Aduh, kasihan sekali anak burung ini," kata Nenek sambil mengangkat merpati itu. Ia meletakkan anak burung itu di bakul makanan dengan hati-hati.
"Kita rawat saja ya Kek," ujar nenek, Kakek Chen mengangguk setuju.
Sore harinya setiba di rumah, Nenek Chen merawat anak burung itu dengan hati- hati. Nenek memberi makanan dan meletakkannya di atas kain perca di dalam kardus.
Setelah beberapa minggu, akhirnya burung itu sembuh dan mulai terbang di sekeliling rumah. Nenek amat gembira. "Lihat Kek, anak burungnya sudah sehat! Dia pasti mampu terbang kembali ke hutan!"

25. Perbedaan nilai moral pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: air wudhu dapat menyiram amarah, Teks 2: rawatlah hewan yang sakit.
B. Teks 1: mintalah maaf jika berbuat salah , Teks 2: rawatlah makhluk ciptaan tuhan.
C. Teks 1: maafkan kesalahan tidak disengaja, Teks 2: mengasihani makhluk ciptaan tuhan.
D. Teks 1: marah tidak menyelesaikan masalah, Teks 2: peduli pada makhluk ciptaan tuhan.

26. Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks cerita tersebut adalah ....
A. Teks 1: menggunakan kata sandang, Teks 2: menggunakan gaya bahasa
B. Teks 1: menggunakan gaya bahasa, Teks 2: menggunakan kata sandang
C. Teks 1: terdapat pengaruh bahasa jawa, Teks 2: tidak terdapat pengaruh bahasa jawa
D. Teks 1: tidak terdapat pengaruh bahasa jawa, Teks 2: terdapat pengaruh bahasa jawa

27. Bacalah teks berikut!
(1) Novel ini sangat disayangkan banyak menggunakan bahasa daerah. (2) Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. (3) Buku ini memberi motivasi, semangat, dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat. (4) Anak-anak dimotivasi supaya melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Kalimat yang menyatakan kelemahan pada teks tersebut ditandai nomor ...
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)

28. Bacalah teks berikut!
(1) Laskar Pelangi adalah sebuah film karya Riri Riza yang merupakan salah satu film terbaik Indonesia. (2) Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata ini diproduksi pada tahun 2008. (3) Semenjak awal pertama kemunculannya, film ini bernasib sama dengan bukunya. (4) Keduanya mendapatkan antusias sama dengan bukunya, keduanya mendapatkan antusias yang luar biasa dari para penikmat seni di Indonesia, khususnya film.
Pernyataan berupa keunggutan fiLm Laskar Pelangi terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)

29. Bacalah teks berikut!
"Yan, bagaimana menurutmu kalau celengan ayammu tidak usah kamu gunakan untuk membeli playstation?"
"Lalu buat apa, Bu?" tanyaku pelan.
"Ibu memunyai rencana untuk memperluas kios kita dengan barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya. Kamu mengerti maksudku, Yan?"
"Iya, Bu," jawabku. Celengan ayam yang aku kumpulkan sejak kelas VII itu aku ikhlaskan untuk keperluan ibuku.

Tindakan terpuji tokoh Yan pada teks tersebut adalah ...
A. Ibu meminta celengan anaknya.
B. Si "aku" ingin membeli playstatian.
C. Si "aku" rela uang celengannya untuk ibu.
D. Anaknya suka menabung di celengan ayam.

30. Bacalah kutipan cerita trerikut!
"Maaf Bu!"pintaku santun kepada Bu Laras "Saya mengantuk, Bu."
"Tidak apa-apa, Sab. Silakan cuci muka kalau kau mengantuk, Sab!"
Serentak seisi kelas menertawakanku dan membuatku malu serta kesal pada diriku sendiri. Leherku terasa sakit karena menahan tangis kekesalanku. "Sudah-sudah! Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu saat kalian bisa saja mengantuk." Nasihat Bu Laras dengan lembut dan tenang.
Konflik kutipan novel tersebut adalah ....
A. Permintaan maaf Sab kepada Bu Laras.
B. Bu Laras mempersilakan Sab mencuci muka.
C. Sab kesal ditertawakan seisi kelas.
D. Bu Laras menghihur Sab yang kesal.

31. Bacalah teks cerita berikut!
"Jika aku mendengar engkau berbicara tadi, seakan aku yakin padamu. Dan ada timbul rasa sayangku padamu," kata Isye. "Akan tetapi, timbul keraguan lagi padaku, apakah itu semua tidak permainan kata-kata saja padamu, lagi pula engkau seorang muda, tapi tiba-tiba telah jadi kaya raya begini. Rasanya seakan menjijikkan orang-orang muda ikut memperkaya diri mereka padahal keadaan rakyat kita tersia-sia seperti sekarang ini. Aku tidak tahu apakah mesti kulaporkan engkau, Yon?"
Suryono terdiam menatap malam di depan kaca mobil. Dalam pikirannya timbul pengakuan, "Engkau benar Is, engkau tahu aku. aku sendiri tidak tahu siapa aku dan aku mau apa. Aku pun sudah kehilangan pegangan, penuh keselisahan dan ketakutan."

Amanat yang terdapat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Hendaklah mengenal diri sendiri!
B. Hendaklah mengenal diri orang lain!
C. Hendaklah memperkaya diri sendiri!
D. Jangan berprasangka buruk pada orang lain!

32. Bacalah teks berikut!
(1)"Hari Minggu besok kita libur, kamu mau pergi ke mana, Ra?" tanya Sari sepulang sekolah. Sara menggeleng,"Gak ke mana-mana, Ri. Mungkin baca buku! Kamu?" Sara balik bertanya.
{2}"Sama, Ra. Aku bantu ibu bikin kue. Kamu kenal Tante Arin, kan? Tetangga sebelahku. Tante Arin pesan kue. Banyak lagi ..."
(1) "Ooooo ...," mulut Sara membulat.
(4) "Ya sudah, sampai ketemu ya," Sari melambaikan tangan.
(5) "Minggu pagi kutunggu kamu di rumah, ya!" teriak Sara.
(6) "Yaaa ,..." Sari berlari ke halaman rumahnva tanpa menoleh.

Kalimat yang membuktikan Sari rajin membantu ibu adalah nomor ....
A, (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)

33. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Bibirku tak sanggup lagi untuk berbicara sepatah kata pun. Langsung kunonaktifkan hp-ku. Dan kulempar jauh dariku. Aku benar-benar tidak pernah menduga bahwa dia akan pindah. Kabar ini sungguh membuatku kehilangan tulang-tulang rangka yang menopang tubuhku. Badanku terasa sangat lemah dan aku hanya bisa terduduk lemas sambil menggigit guling yang ada di genggamanku.
Latar kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. tempat duduk
B. tengah rumah
C. kamar tidur
D. kursi beranda

34. Bacalah teks cerita berikut!
Berbagai pikiran buruk menghantui kepala yang penat dan tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gedongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo bisa saja tidak menuruni lereng menuju ke lembah melainkan naik terus ke puncak atau berjalan berputar-putar mengelilingi lereng, tersesat dalam fatamorgana sampai habis tenaganya.

Simpulan akibat dari konflik tersebut adalah ...
A. Pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.
B. Pencarian tokoh dilakukan di lereng dan di lembah.
C. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena lelah.
D. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena tokoh tewas.

35. Bacalah teks berikut!
Seorang ibu masuk dengan sebuah mangkuk berisi bakso dan secangkir teh. "Silakan makan dan minum, Nak," kata ibu meletakkan makanan di atas kursi panjang. Istar terus menulis, sebentar-sebentar berpikir. Ibu mulai gelisah. Ia berjalan mengelilingi Istar. "Nak, nanti makanannya keburu basi," bujuk ibu. "Tanggung, Bu, sebentar lagi selesai," kata Istar sambil terus menulis lagi.

Watak Istar tersebut adalah ....
A. pendendam
B. pekerja keras
C. pembangkang
D. rajin membantu

36. Bacalah teks berikut!
Teks 1
Flo merupakan anak tunggal seorang pengusaha. Kedua orang tua Flo sangat sayang dan memanjakannya. Setiap keinginan Flo pasti dituruti oleh orang tuanya. Sejak kecil, dia tidak permah hidup susah. Hal ini membuat Flo menjadi anak yang keras kepala dan mau menang sendiri.
Teks 2
Hari itu Maman sedang membantu ibunya membuat kue. Setiap hari, ibu Maman harus membanting tulang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Maklum saja, ayah Maman sudah tiada sejak lima tahun yang lalu. Maman juga tidak malu bila disuruh ibunya untuk mengantarkan kue ke rumah pelanggannya.
Perbedaan nilai moral pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: Kita tidak boleh egois, Teks 2 : Kita harus bekerja keras
B. Teks 1: Kita tidak boleh berbuat sesuka hati, Teks 2 : Kita harus peduli dengan orang lain
C. Teks 1: Kita harus mematuhi nasihat orang tua, Teks 2 : Kita harus membantu orang lain.
D. Teks 1: Kita harus berbakti kepada orang tua, Teks 2 : Kita harus peduli dengan orang lain

37. Bacalah teks berikut!
Tiba-tiba aku terkenang masa laluku. Masa dua tahun yang lalu. Saat itu aku memunyai seorang sahabat, seorang bocah sebayaku, yang bernama Adiet. Saat itu kakiku masih mampu tegak berdiri. Masih mampu berlari cepat. Aku belum lumpuh seperti sekarang ini.
Adiet yang baik, ia selalu mengajak aku ke mana pun ia pergi. Misalnya, saat ia piknik bersama ayah, ibu, dan seorang adiknya.
"Besok kami akan ke Cibodas. Kau mau ikut, San?" Ajak Adiet.
"Besok?" aku seakan berpikir. Kulirik ibu yang saat itu berada di antara kami. Ibu tersenyum, tetapi hatiku bimbang.

Nilai moral pada teks tersebut adalah ...
A. Seorang sahabat senantiasa setia kawan.
B. Kita tidak pernah melupakan masa mendatang.
C. Jangan memaksakan kehendak kepada teman.
D. Seorang anak meminta izin pada ibu/orang tua.

38. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
"Chendy, Chendy, Chendy, bangun, Nak!" teriak Ibu Sulyem, ibunda Chendy dari luar kamar. Ketika tidak ada jawaban ibu Sulyem masuk dan menggoyangkan badan Chendy.
Ibu Sulyem terkejut. "Hah! Badanmu panas sekali. Cepat bangun, kita langsung ke dokter saja."
Seisi rumah menjadi heboh. Ayah, Mahendra, Kakak Chendy, dan Dicki supir keluarga Chendy ikut panik.
Teks 2
Gunung Marbela sudah lama tidak menunjukkan aktivitasnya. Gunung ini dijadikan objek wisata oleh masyarakat sekitarnya. Selain pemandangannya indah di Gunung Marbela juga tumbuh bunga langka yang hanya tumbuh di Gunung Marbela. Tidak mengherankan bila liburan, banyak wisatawan berkunjung ke sana.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 : dimulai dengan lokasi, Teks 2 : dimulai dengan aksi
B. Teks 1 : dimulai dengan aksi, Teks 2 : dimulai dengan lokasi
C. Teks 1 : dimulai dengan garis besar masalah, Teks 2 : dimulai dengan aksi
D. Teks 1 : dimulai dengan lokasi, Teks 2 : dimulai dengan garis besar masalah

39. Bacalah teks berikut!
Di sebuah kolam yang besar dan dalam hiduplah seekor kadal. Suatu hari kadal itu berjalan-jalan di pinggir kolam. Kadal sangat ingin mencoba kegiatan baru yaitu berpetualang.
Tiba-tiba dari dalam kolam muncul sebuah kepala yang berlenggak-lenggok seperti sedang mencari sesuatu. Kadal mendekati makhluk itu dan dia sedikit kaget ternyata ada seekor ular air. Ular air mengajak sang Kadal untuk berpetualang menyeberangi kolam, tetapi sang Kadal merasa takut.
Komentar yang tepat s$suai isi kutipan teks tersebut adalah....
A. Ular jangan memengaruhi kadal yang penakut.
B. Kadal harus mencoba hal baru dengan belajar.
C. Ular dan kadal jangan mencoba hal yang berbahaya.
D. Ular dan kadal hidup di sungai yang deras.

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!