Widget HTML Atas

Contoh Soal Menunjukkan Kesalahan Penggunaan Kata, Kalimat, atau Kepaduan Paragraf

Disajikan kutipan paragraf, siswa dapat menunjukkan kesalahan dalam hal penggunaan kata, kalimat, atau kepaduan paragraf.

1. Cermatilah paragraf berikut!
Proses penemuan fotokopi bukan kerena ditunjuang oleh fasilitas yang memadai, melainkan karena ketekunan. 2) Dia mengatur waktu kosongnya yang relatif singkat. 3) Ketika menginjak usia 29 tahun , dia sudah memulai penelitian tentang berbagai efek cahaya atas berbagai bahan gula memindahkan suatu tulisan dari satu lembar kelembar yang lain. 4) Oleh karena itu, dia mulai berexperimen di apartemennya dengan menggunakan efek foto elektrik untuk mengadakan penggandaan.

Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat pada paragraf di atas adalah
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1

2. Cermatilah paragraf berikut!
1) Kini Bandung dihuni sekitar 2,1 juta penduduk. 2) Laju pertumbuhan penduduknya tercatat 3,48%. 3) Padahal menurut data dari BKKBN, angka kelahiran di bandung sangat kecil sekali yaitu hanya 1, 08%. 4) Kepada para wartawan dalam acara HUT Kota Bandung, walikota Bandung mengatakan bahwa laju pertumbuhan penduduk terbesar diakibatkan kaum pendatang.

Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut adalah pada nomor
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

3. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Pemandangan di Pantai Putri membuat siapa saja merasa tenteram. (2) Tampak pasir putih, ombak yang tenang, serta laut yang biru. (3) Tak heran banyak orang yang bergerak berjalan-jalan ke tengah pantai. (4) Demikian juga sejumlah pemuda bersenda gurau berenang di pantai itu.

Kalimat yang tidak baku terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!