Widget HTML Atas

Contoh Soal Menulis Teks Singkat Sesuai dengan Konteks

Indikator: Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan teks yang sesuai dengan konteks.

Cermati ilustrasi berikut!
Saat ini kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu belum dapat dipadamkan karena cuaca kering, angin kencang, dan medan berat. Banyak pinus terbakar menjalar ke tempat lain.

Teks laporan sesuai ilustrasi tersebut adalah.....
a. Hendaknya kita waspada kalau kebakaran hutan dan lahan gunung melanda. Kebakaran hutan merupakan bencana yang dapat merusak kelestarian tumbuhan dan binatang. Oleh karena itu, diperlukan penanganan tepat untuk memadamkan api di Gunung Lawu.
b. Warga dan Pemerintah terlihat sangat sedih melinat kebakaran di Gunung Lawu. Kebakaran semakin meluas diakibatkan cuaca kering, angin kencang, dan medan berat. Kebakaran ini telah menelan banyak korban karena korban kekurangan oksigen yang disebabkan asap pekat.
c. Kebakaran hutan dan tahan di Gunung Lawu belum dapat dipadamkan hingga saat ini. Cuaca kering, angin kencang, dan
medan berat menyebabkan api belum dapat dipadamkan. Tanaman yang terbakar adalah pinus sehingga mudah sekali menjalar ke tempat lain.
d. Kebakaran di Gunung Lawu sudah merambat ke permukiman warga. Kebakaran itu disebabkan oleh pohon pinus yang mudah terbakar. Petugas pemadam kebakaran merasakan kesulitan karena medan berat.

Jawab: C
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!