Widget HTML Atas

Contoh Soal Menentukan/ Mengidentifikasi Struktur Teks Deskripsi

Contoh Soal Menentukan/ Mengidentifikasi Struktur Teks Tanggapan Deskriptif
Contoh Soal Menentukan/ Mengidentifikasi Struktur Teks Deskripsi-- Ciri-ciri Teks Deskripsi (sebelumnya disebut Tanggapan Deskriptif):
1. Strukturnya terdiri atas: dskripsi umum dan deskripsi bagian.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya berdasarkan gambaran suatu obyek (misalnya: tempat) secara rinci.

Disajikan sebuah kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan/ mengidentifikasi struktur teks tersebut.

Simak teks deskripsi berikut:
Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam Tari Saman dibagi dalam lima macam. Regnum adalah nyanyian berupa suara auman. Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari. Redet adalah lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari. Sek adalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Saur yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo).
Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur teks....
a. deskripsi umum
b. deskripsi bagian
c. deskripsi manfaat
d. deskripsi penutup

(1) Curug Cijalu terletak di Kecamatan Sagalaherang, berjarak 37 km dari Kota Subang ke arah selatan (1 jam perjalanan) dan sekitar 50 km dari kota Bandung ke arah utara (1,5 jam perjalanan). (2)Seperti namanya, curug (air terjun, bahasa Sunda), merupakan sepasang air terjun yang tumpahan airnya mengalir deras membelah bukit di puncak Gunung Sunda, sekitar 800 meter di atas permukaan laut. (3)Tumpahan air itu menyajikan panorama indah pada birunya langit, sejuknya udara, dan hijaunya pepohonan yang menyelimuti suasana wisata yang erada di Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. (4)Belum lagi percikan air terjun yang dingin, sejuk dan putih, membuat para wisatawan tak tahan lagi ingin segera bermandi ria di bawahnya. (5)Curug Cijalu "ditemani" dua makam yang dikeramatkan dan juga "ditemani" oleh air terjun lain yang dikenal dengan nama Curug Perempuan yang terletak sekitar 100 meter sebelum Curug Cijalu. (6)Selain Curug Cijalu dan Curug Perempuan, terdapat pula lapangan sebagai areal untuk camping bagi para pengunjung.

1. Bagian deskripsi umum pada teks di atas adalah....
a. kalimat pertama
b. kalimat kedua
c. kalimat ketiga
d. kalimat keempat

2. Desripsi bagian pada teks terletak pada....
a. kalimat kedua
b. kalimat ketiga
c. kalimat keempat
d. kalimat kelima

3. Pada teks di atas, kalimat definisi terdapat pada ....
a. kalimat pertama
b. kalimat kedua
c. kalimat ketiga
d. kalimat keempat

4. Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Struktur teks deskripsi di atas adalah …
a. Identifikasi
b. simpulan
c. deskripsi bagian
d. koda
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!